Thursday, June 27, 2013

SSP IPA Kelas IV/2

-->
SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS IV SEMESTER I

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PPL1
Dosen Pengampu : Drs. Sukiran



UPY.bmp



Disusun oleh:
Kiki Sukmahati
NPM : 10144600144


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2013
SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA)

Pengantar
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains di Sekolah Dasar membutuhkan pengamatan secara langsung pada obyek-obyek yang akan dipelajari. Karena pada dasarnya siswa tingkat Sekolah Dasar masih membutuhkan penjelasan yang konkrit, bukan hal yang abstrak. Hal ini menuntut guru untuk mencari strategi baru dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif agar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat lebih menarik, kreatif, dan bermakna. Pembelajaran yang mengutamakan penguasaan kompetensi harus berpusat pada siswa (Focus on Learners), memberikan pembelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual dalam kehidupan nyata (provide relevant and contextualized subject matter) dan mengembangkan mental yang kaya dan kuat pada siswa.
Pengemasan materi, metode, media, dan evaluasi yang sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir siswa, akan lebih membantu siswa dalam mempelajari serta memahami kompetensi-kompetensi yang akan dicapai. Media stimulus yang dapat dipakai antara lain peristiwa atau gejala alam, kejadian nyata di masyarakat yang dilematis, isu controversial, kasus dalam pergaulan, permainan anak-anak yang biasa dilakukan, dan contoh sikap serta perilaku lain baik yang bersifat negatif maupun positif (seperti keteladanan, prestasi, kepahlawanan, dan sebagainya). Selain itu, siswa diajak untuk memerhatikan dan mempelajari keadaan alam yang ada di sekitarnya. Untuk menambah ketertarikan siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains, serta menyajikan kegiatan yang dapat merangsang daya kritis dan kreativitas. Di samping itu, dengan pembelajaran bermakna siswa dapat merasakan manfaat belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kehidupan sehari-hari.





I.             Standar Kompetensi
1.      Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.

II.          Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

III.       Indikator
a.      Kognitif
Produk
·         Mendeskripsikan rangka manusia.
·         Mendeskripsikan fungsi rangka manusia.
Proses
·         Memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
b.      Afektif
Karakter
·         Mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Keterampilan Sosial
·         Menghargai teman yang membaca tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
c.       Psikomotor
·         Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

IV.       Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
Produk
·         Setelah guru menjelaskan, siswa dapat mendeskripsikan rangka manusia.
·         Setelah guru menerangkan. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi rangka manusia.
Proses                              
·         Setelah guru menerangkan, siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

b.       Afektif
Karakter/Sikap
·         Melalui kegiatan yang dirancang guru, siswa dapat mengembangkan karakter/sikap jujur, berani mencoba, percaya diri, rendah hati, dan senang belajar dengan tulus.
Keterampilan Sosial
·         Melalui kegiatan yang dirancang guru, siswa dapat mengembangkan keterampilan sosial berkomunikasi seperti bertanya, menjawab pertanyaan, menanggapi, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil kerja dengan baik.
c.       Psikomotor
·         Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat mendeskripsikan tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

V.          Materi
Rangka Manusia
-        Mengenal Rangka Manusia
-        Bagian rangka
-        Fungsi rangka

VI.       Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Diskusi
-        Tanya jawab
-        Penugasan
VII.    Pengalaman Belajar
Di dalam menghadapi kendala siswa-siswi di dalam mempelajari pelajaran IPA atau Sains yang cukup menarik untuk dipelajari oleh siswa tingkat sekolah dasar. Maka kami coba menyajikan pembelajaran dengan semenarik mungkin dengan beberapa metode yaitu tanya jawab dan diskusi agar siswa dapat lebih leluasa dalam mengeksplorasi rasa ingin tahunya dan mengembangkan kemampuannya. Selain itu, alangkah menyenagkan jika anak kita ajak ke luar kelas. karena pada pembelajaran IPA atau Sains lebih banyak kegiatan praktik langsung. Metode ini akan dapat menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran IPA atau Sains yang mereka anggap berbeda. Disamping itu, siswa juga akan lebih mudah memahami pelajaran.

VIII. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Tahap orientasi adalah pengenalan materi tentang struktur rangka manusia serta fungsinya yang dibacakan oleh guru. Diskusi kecil mulai terbentuk dengan terjadinya komunikasi aktif berupa tanya jawab antara guru dengan siswa. Pada tahap ini dilakukan pengkondisian peserta didik pada situasi belajar yang kondusif.
b.      Tahap mengkaji topik bahasan melalui metode tanya jawab dan diskusi, yang dilakukan oleh guru dengan siswa, atau antara siswa dengan siswa.
c.       Tahap pemberian instruksi atau petunjuk yaitu guru memberikan petunjuk untuk mendengarkan materi yang akan disampaikan guru dengan seksama. Supaya dapat berjalan secara optimal maka harus menciptakan suasana yang kondusif. Misalnya penataan tempat duduk yang rapi dan teratur, pemberian tugas, dan pembagian kelompok.
d.      Tahan mendemonstrasikan adalah guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang struktur rangka manusia serta fungsinya sesuai interuksi guru.
e.       Tahap refleksi yang dilakukan dengan tanya jawab, komentar, tanggapan, dan penyimpulan. Dimana pada tahap ini guru mengajak siswa berlatih untuk mampu ikut serta dan aktif dalam pembelajaran.

IX.       Evaluasi
Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapat dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut:
a.       Tes tertulis.
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa menggunakan lembar penilaian. Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langsung oleh siswa secara silang/saling menukar hasil pekerjaan dengan kunci jawaban yang telah disediakan
b.      Kinerja
Penilaian kinerja ini dilakukan dengan menggunakan LKS. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman masing-masing siswa.

X.          Tindak Lanjut dan Pemberian Penghargaan
Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai KKM dan menyelenggarakan perbaikan (remedial program) bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam kegiatan pembelajaran kelompok, tahap inipun dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok yang terbaik, hebat, dan super. Penetapan ini diumumkan pada pertemuan sebelum melaksanakan rencana pembelajaran selanjutnya.

XI.       Sumber Belajar
1.      Sulistyanto, Heri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Anggraini, Sri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
3.      Rosiawaty, S, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.


XII.    Lampiran
a.       RPP
b.      Petikan silabus terkait
c.       Buku siswa
d.      Media dan sumber belajar
e.       LKE
f.       Kisi-kisi lembar penilaian
g.      Kunci jawaban





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SD Sukma Hati
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV/I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Kognitif
Produk
-        Mendeskripsikan rangka manusia.
-        Mendeskripsikan fungsi rangka manusia.
Proses
-        Memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Afektif
Karakter
-        Menghargai teman yang membaca tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Keterampilan social
-        Menghargai teman yang membaca tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Psikomotor
-        Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Rangka Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia
o   Bagian rangka
o   Fungsi rangka
¨  Guru menjelaskan tentang struktur rangka manusia secara sederhana menggunakan beberapa gambar-gambar.
¨  Guru menjelaskan fungsi dari masing-masing rangka.
¨  Guru menunjukkan gambar-gambar struktur rangka manusia.
¨  Siswa mengidentifikasi struktur rangka manusia serta fungsinya.
¨  Siswa melakukan diskusi bersama teman sebangku serta melakukan tanya jawab secara sederhana.
o Tes tertulis
10    menit
1.      Sulistyanto, Heri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Anggraini, Sri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
3.      Rosiawaty, S, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Sukma Hati
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV/I
Alokasi Waktu            : 10 menit

I.              Standar Kompetensi
? Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.

II.           Kompetensi Dasar
? Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

III.        Indikator
a.       Kognitif
Produk
v  Mendeskripsikan rangka manusia.
v  Mendeskripsikan fungsi rangka manusia.
Proses
v  Memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
b.      Afektif
Karakter
v  Menghargai teman yang membaca tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Keterampilan sosial
v  Menghargai teman yang membaca tentang struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

c.       Psikomotor
v  Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

IV.        Tujuan Pembelajaran
a.       Kognitif
Produk
v  Setelah guru menjelaskan, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan disekitar rumahnya.
v  Setelah guru menjelaskan, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.
Proses
v  Setelah guru menerangkan, siswa dapat mengenal perbedaan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa.
v  Setelah guru menerangkan, siswa dapat menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.

b.      Afektif
Karakter
v  Selama proses pembelajaran siswa menjadi pendengar yang baik.
v  Selama proses pembelajaran, siswa memiliki kebiasaan bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Keterampilan sosial
v  Selama proses pembelajaran siswa dapat menghargai teman yang sedang membaca didepan kelas.

c.       Psikomotor
v  Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menyebutkan perbedaan jenis-jenis pekerjaan yang telah dipelajari.
v  Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menulis kalimat sesuai gambar seri.

V.           Materi
Rangka Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia
o   Bagian rangka
o   Fungsi rangka

VI.        Metode Pembelajaran
F Ceramah
F Diskusi
F Tanya jawab
F Penugasan

VII.     Pengalaman Belajar
Di dalam menghadapi kendala siswa-siswi di dalam mempelajari pelajaran IPA atau Sains yang cukup menarik untuk dipelajari oleh siswa tingkat sekolah dasar. Maka kami coba menyajikan pembelajaran dengan semenarik mungkin dengan beberapa metode yaitu tanya jawab dan diskusi agar siswa dapat lebih leluasa dalam mengeksplorasi rasa ingin tahunya dan mengembangkan kemampuannya. Selain itu, alangkah menyenagkan jika anak kita ajak ke luar kelas. karena pada pembelajaran IPA atau Sains lebih banyak kegiatan praktik langsung. Metode ini akan dapat menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran IPA atau Sains yang mereka anggap berbeda. Disamping itu, siswa juga akan lebih mudah memahami pelajaran.

VIII.  Langkah-Langkah Kegiatan
& Kegiatan Awal
Ø  Siswa berdo’a bersama
Ø  Guru memeriksa kehadiran siswa
Ø  Guru mempersiapkan materi ajar
& Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan tentang struktur rangka manusia secara sederhana menggunakan beberapa gambar-gambar.
Ø  Guru menjelaskan fungsi dari masing-masing rangka.
Ø  Guru menunjukkan gambar-gambar struktur rangka manusia.
Ø  Siswa mengidentifikasi struktur rangka manusia serta fungsinya.
Ø  Siswa melakukan diskusi bersama teman sebangku serta melakukan tanya jawab secara sederhana.
Ø  Guru memberikan lembar evaluasi kepada siswa tentang struktur rangka manusia.
& Kegiatan Akhir
Ø  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
Ø  Guru meresume pembelajaran yang sudah disampaikan
Ø  Guru memberi pekerjaan rumah
Ø  Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a

IX.        Evaluasi
Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapat dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut:
a.       Tes tertulis.
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa menggunakan Lembar Penilaian. Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langsung oleh siswa secara silang/saling menukar hasil pekerjaan dengan kunci jawaban yang telah disediakan
b.      Kinerja
Penilaian kinerja ini dilakukan dengan menggunakan LKS. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman masing-masing siswa.

X.           Tindak Lanjut Dan Pemberian Penghargaan
Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai KKM dan menyelenggarakan perbaikan (remedial program) bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam kegiatan pembelajaran kelompok, tahap inipun dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok yang terbaik, hebat, dan super. Penetapan ini diumumkan pada pertemuan sebelum melaksanakan rencana pembelajaran selanjutnya.

XI.        Sumber Belajar
1.      Sulistyanto, Heri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Anggraini, Sri, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
3.      Rosiawaty, S, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.



No comments:

Post a Comment